like ya

like ya

CARA MENGATASI DAN MENGHILANGKAN MALWARE PENYEBAB IKLAN

Masih seputar iklan di Android. Bagi agan-agan yang masih bingung dengan iklan yang muncul, padahal sudah pake aplikasi adware, adblock, dan ad ad yang lain. Bahkan sudah pake antivirus untuk menghilangkan iklan tetep ga bisa. Maka agan harus baca sampai tuntas tutorial kali ini. Soalnya agak ribet.

Penyebab utamanya adalah android agan sudah disusupi malware. Malware ini sudah menyusupi file dan aplikasi di dalam sistem. Makanya mau pakai aplikasi buat nge blok iklan sampai antivirus juga ga mempan lagi gan. Cara mengatasinya juga harus dengan cara manual dan perlu waktu, jadi yang sabar ya gan.

Sejauh ini ane sudah menerapkan cara ini dan berhasil. Kalo gitu siapkan waktu, tenaga dan pikiran agan. Ayo kita mulai, cekidot.

1. Langkah pertama. Membuka pengaturan lalu pilih aplikasi


>> manager aplikasi



Sekarang semua aplikasi sudah ditampilkan.


Tapi..... itu cuma aplikasi luaran gan. Belum aplikasi yang ada di dalam program dan sistem.

2. Langkah kedua. Memunculkan aplikasi sistem. Caranya adalah KLIK LAINNYA (sebelah kanan atas)



>> kemudian tampilkan aplikasi sistem



Nah. Sekarang sudah muncul semua aplikasi sistem.



3. Langkah ketiga. Ini adalah langkah yang perlu kesabaran. Disini agan harus bisa mengenali yang mana aplikasi sistem dan yang mana yang bukan.



Aplikasi sistem biasanya tidak memiliki lambang.


Jadi sekarang fokus dengan aplikasi sistem bergambar android.

4. Langkah keempat. Kali ini agan harus ekstra sabar dan teliti. Coba agan buka aplikasi sistem satu persatu. Dan temukan malwarenya.

Cara membedakan Malware dengan aplikasi sistem asli adalah : jika aplikasi sistem tersebut ASLI maka aplikasi tersebut tidak akan bisa di UNINSTALL atau DINONAKTIFKAN.

(Contoh aplikasi sistem)

Sedangkan jika aplikasi tersebut palsu atau malware. Maka aplikasi tersebut bisa di uninstall. Ini membuktikan kalo aplikasi itu bukan aplikasi bawaan dan bukan berasal dari sistem.

(Perhatikan contoh malware berikut)

Walaupun aplikasi tersebut serupa dengan aplikasi sistem. Tetapi masih bisa di hapus install. Itu artinya aplikasi tersebut adalah malware.

5. Langkah kelima hapus install/ uninstall.

Setelah selesai. Sebaiknya periksa dulu semua aplikasi sistem di hp agan. Soalnya ada kemungkinan malware nya lebih dari satu.

Salah satu yang ane temui adalah SOULANDROID.apk . Aplikasi ini luar biasa bandel, saking bandelnya selalu muncul iklan yang menutup seluruh layar hp ane setiap menjalankan aplikasi. Malahan langsung menginstall berbagai macam aplikasi secara tidak diketahui. Jadi, selalu periksa dan hati-hati sebelum download dan install aplikasi.

Sekian dulu ya gan. Semoga bermanfaat. Kalo ada yang salah atau kurang jelas atau pun ada permintaan. Silahkan tinggalin komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar